Senin, 17 November 2008

Prasarana MTs Al-Amin

Prasarana penunjang kegiatan pembelajaran yang tersedia di MTs Al-Amin antara lain sebagai berikut:

1. Ruang Teori/Kelas
Ruang kelas berjumlah 4 buah diperuntukkan bagi 4 kelas (Kelas VIIA, Kelas VIIB, Kelas VIII, Kelas IX). Dua buah ruang kelas terletak di lantai 1 (kelas VIII dan IX),
sedangkan dua lainnya terletak di lantai 2 (Kelas VIIA dan VIIB). Kapasitas ruang ± 35 siswa/kelas. Kelas dilengkapi dengan papan tulis, bangku, dan perlengkapan lainnya. Ruang kelas berlantai keramik sehingga tercipta suasana kelas yang nyaman.


2. Ruang Kepala Madrasah
Ruang kepala madrasah berlantai keramik dan bertempat di lantai 2. Ruangan ini digunakan sebagai ruang kerja Kepala MTs Al-Amin dan digunakan untuk menerima tamu-tamu khusus.






3. Ruang Guru

Ruang guru terletak di Lantai 1. Ruang guru digunakan untuk tempat berkoordinasi bagi guru-guru MTs Al-Amin. Ruang guru ini juga memiliki kamar kecil yang dikhususkan bagi guru-guru. Di dalam ruang guru
juga terpasang panel data perkembangan MTs Al- Amin, Kalender akademik dan data lainnya sehingga perkembangan madrasah dan siswa-siswi dapat senantiasa dipantau dan dievaluasi.

4. Laboratorium
Laboratorium terdiri dari laboratorium IPA dan Laboratorium komputer. Laboratorium ini digunakan untuk praktikum mata pelajaran IPA dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Laboratorium Komputer memiliki 6 unit perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan LAN (Local Area Network).

5. Perpustakaan
Perpustakaan terletak di Lantai 1dan berlantai keramik. Perpustakaan ini juga dilengkapi dengan ruang baca bagi siswa-siswi MTs Al-Amin.

6. Aula/R. Serbaguna
Aula berlantai keramik dan terletak di Lantai 2. Aula ini juga berfungsi sebagai ruang serbaguna. Aula dilengkapi dengan sound system yang digunakan untuk pertemuan wali murid, kegiatan sholat berjama’ah dan kegiatan atraksi seni siswa. Aula juga dilengkapi dengan televisi dan VCD player sebagai media pendukung untuk mata pelajaran yang menggunakan media pembelajaran.

7. Kamar Kecil (WC)
Kamar kecil terletak di lantai 1. Kamar kecil terdiri dari 2 ruangan. Satu ruangan untuk siswa laki-laki dan satu ruangan untuk siswa perempuan. Pengairan di kamar kecil menggunakan sumur bor dengan pompa air yang disalurkan ke tandon air. Dengan demikian air bersih untuk keperluan istinja’ senantiasa tersedia. Selain kamar kecil, juga tersedia tempat wudhu yang terdiri dari 8 keran untuk memudahkan keperluan thaharah bagi siswa yang hendak menunaikan shalat.

8. Ruang UKS
Ruang UKS terletak di lantai 1. Ruang UKS dilengkapi dengan 1 buah dipan dan kotak obat untuk pertolongan pertama pada kecelakaan atau penanganan medis awal bagi siswa.

9. Ruang Kegiatan Siswa
Ruang kegiatan siswa digunakan sebagai ruang OSIS dan ruang pengelolaan kegiatan ekstra kurikuler. Di ruangan ini terpampang struktur pengurus OSIS, program kerja OSIS

10. Koperasi Madrasah
Koperasi madrasah terletak di lantai 1. Koperasi madrasah melayani berbagai kebutuhan siswa, antara lain peralatan tulis, makanan dan minuman, serta berbagai kebutuhan lainnya.

Tidak ada komentar: