Sabtu, 15 November 2008

Logo MTs Al-Amin

Logo MTs Al-Amin

Logo atau lambang MTs Al-Amin berbentuk segi lima berwarna hijau dengan lima celah pada tiap sisi-sisinya, dengan gambar kubah dan sembilan bintang mengelilingi kubah masjid, buku serta tulisan "Madrasah Tsanawiyah Al-Amin" dan tulisan "Malang".
Makna dari logo tersebut adalah:

1. Segi lima dengan 5 celah
Madrasah ini ditegakkan dengan bersendikan Rukun Islam yang berjumlah 5 serta melestarikan nilai-nilai luhur Pancasila.

2. Kubah masjid
Melambangkan masjid sebagai tempat ibadah ummat Islam, maksudnya lembaga ini adalah lembaga pendidikan yang berwawasan Islam.

3. Bintang 9 buah
Merupakan salah satu identitas khas jam'iyyah/organisasi/lembaga yang berpaham ahlusunnah wal-jama'ah (Nahdlatul Ulama). Bintang besar melambangkan Nabi Muhammad saw, empat
bintang di kiri melambangkan 4 orang sahabat nabi (khulafaur rasyidin), yaitu Abu Bakar Ash-Shidiq ra, Umar bin Khaththab ra, Utsman bin Affan ra, dan Ali bin Abi Thalib kw sebagai perintis dakwah Islam. Empat bintang di kanan menunjukkan 4 mazhab yang dipergunakan dalam faham ahlusunnah wal-jama'ah, yakni: Maliki, Hanafi, Syafi'i, dan Hambali.

4. Buku
Melambangkan sumber ilmu pengetahuan. Dalam hal ini buku menunjukkan fungsi madrasah sebagai lembaga pendidikan tempat menuntut ilmu.

5. Tulisan "Madrasah Tsanawiyah Al-Amin" dan "Malang"
Nama yang menunjukkan identitas lembaga serta lokasi lembaga MTs Al-Amin berdiri.

6. Warna Hijau
Merupakan warna kebesaran Islam pada zaman Nabi Muhammad saw

Tidak ada komentar: